Fakta Menakjubkan Tentang Linux

Fakta Menakjubkan Tentang Linux yang Tidak Anda Ketahui

Fakta Menakjubkan Tentang Linux yang Tidak Anda Ketahui
GNU / Linux, terinspirasi dari UNIX, telah menjadi sistem operasi server yang paling banyak diadopsi di luar sana. Pengadopsi Linux termasuk raksasa teknologi seperti Google, Facebook, Twitter, Yahoo, Amazon, dan daftar berjalan dan terus .. Tingkat adopsi Linux di pasar Desktop tidak dapat dihitung secara akurat, karena, tidak seperti perangkat lunak berpemilik, sumber dari mana orang mendapatkan salinan mereka sangat banyak dan beragam (karenanya mendapatkan perkiraan yang benar sangat sulit). Mempelajari dan menjelajahi berbagai hal di Linux cukup menarik dan mengasyikkan. Berkat kerja keras jutaan pengembang, yang berkontribusi pada pengembangan Linux, dan telah membuatnya mencapai tempat seperti sekarang ini.

Related Post:


Dalam posting ini, saya akan membahas beberapa fakta menakjubkan, tentang Linux, yang kurang diketahui sebagian besar penggunanya.

1. "LINUX", adalah nama direktori pada server FTP FUNET ( ftp://ftp.funet.fi/ )

Ya, Anda tidak salah dengar!. Linux Torvalds ingin menamai kernelnya "Freax". Nah namanya adalah kombinasi dari kata "freak" dan "free", dan kemudian X terakhir yang merepresentasikan kemiripannya dengan sistem operasi Unix.
Ketika kode awal diunggah ke server FTP (ftp://ftp.funet.fi/), administrator server (Ari Lemmke) tidak menyukai nama Freax, dan ia menyarankan nama Linux dan memberikan direktori pada server ftp. Direktori pada server ftp disebut "linux". Anda dapat mengakses direktori ini di sini: ftp://ftp.funet.fi/pub/linux/
Dan jika Anda ingin paket kernel awal pertama yang tersedia untuk umum, kunjungi tautan ini: ftp://ftp.funet.fi/pub/linux/kernel/Historic/

2. "Linux" hanya kernel, dan bukan sistem lengkap yang Anda gunakan

Yah Linux hanyalah bagian dari keseluruhan sistem. Ini adalah program yang mengalokasikan sumber daya yang dibutuhkan program lain selama operasi mereka. Jadi, sistem yang digunakan biasanya merupakan kombinasi dari sistem GNU dan Linux. Sejak 1984, GNU telah bekerja untuk membuat sistem operasi sendiri, yang akan menjadi sistem operasi mirip Unix gratis.
Bahkan pada awal 90-an sistem operasi GNU lengkap sudah siap, selain dari kernel. Sistem operasi penuh memerlukan, kompiler, editor teks, sistem X windows.
Proyek GNU bahkan memiliki kernel sendiri bernama "GNU Hurd", tetapi belum sepenuhnya siap. Celah utama itu diisi oleh kernel Linux (dari Torvalds) pada tahun 1992.
Lihat tautan di bawah ini untuk detail lebih lanjut tentang Sistem GNU / Linux dari "Richard Stallman" (Orang di belakang gerakan perangkat lunak bebas.)

3. Lebih dari 90% kode sumber Linux saat ini ditulis oleh pengembang lain (dan bukan Linus Torvalds sendiri)

Proyek Linux diadopsi oleh begitu banyak programmer dan proyek ini berkembang sangat pesat setelah tahun 1996. Rilis awal dari Torvalds adalah 10.000 baris kode dan sekarang telah mencapai jutaan dalam jumlah total.
Diperkirakan sekitar lebih dari 10.000 pengembang dari berbagai negara dan perusahaan telah berkontribusi pada pengembangannya hingga saat ini. Dan jumlahnya meningkat pesat. Semakin banyak fitur yang ditambahkan secara teratur. Dan sebagian besar pengkodean ini berasal dari kontributor.

4. Bahkan Microsoft Berkontribusi pada Pengembangan Kernel Linux!

Ya, perusahaan yang filosofi utamanya bertumpu pada pengembangan perangkat lunak berpemilik, juga berkontribusi pada Linux. Bahkan melampaui Canonical sekali, dalam jumlah baris kode berkontribusi pada kernel. Daftar kontributor teratas mencakup Red Hat, Intel, dll.
Jangan berpikir bahwa Microsoft berkontribusi terhadap pengembangan kernel untuk meningkatkan kernel. Ini untuk dukungan Hyper-V hypervisor yang lebih baik di Linux :)

5. Sebagian besar Komputer Super menggunakan Linux. Dan jumlahnya terus bertambah setiap tahun

Lebih dari 90 persen dari komputer tercepat di dunia menggunakan Linux. Linux telah menjadi pilihan untuk komputasi kinerja tinggi. Itu hanya adopsi 1 hingga 2 persen pada tahun 1998 dan dalam 15 tahun terakhir tumbuh hingga lebih dari 90 persen, yang benar-benar fenomenal.
Sumber daya komunitas, kemudahan manajemen, sumber terbuka dan kebebasan penggunaan, keamanan, kompatibilitas dll, telah berkontribusi pada tingkat adopsi dalam komputasi kinerja tinggi.

6. Sistem operasi yang disebut Minix menginspirasi Linus Torvalds untuk membuat Linux

Minix sangat mirip dengan Unix. Itu dibuat oleh Andrew S. Tanenbaum, Saya yakin Anda mungkin pernah mendengar nama ini sebelumnya selama masa kuliah Anda. Sebagian besar orang mengenalnya dengan buku yang sangat terkenal yang ia tulis tentang Sistem Operasi. Nama buku ini adalah Sistem Operasi: Desain dan Implementasi
Email awal yang sangat terkenal dari Linus Torvalds (selama rilis kernel Linux pertama di dunia) dimulai dengan " Halo semua di luar sana menggunakan minix .... "

7. Pengembangan Kernel Linux pada hari-hari awal dilakukan pada Sistem operasi Minix

Pengembangan kernel Linux awal pada hari-hari awal cukup banyak dilakukan pada sistem operasi Minix. Meskipun Linux sangat terinspirasi oleh fungsionalitas Minix serta prinsip-prinsip desain, Linux berbeda dari Minix dalam cara yang sangat utama dan mendasar.
Perbedaan utama adalah kenyataan bahwa "Linux menggunakan kernel monolitik, sedangkan Minix menggunakan microkernel". Perbedaan utama antara kernel monolitik dan microkernel adalah kenyataan bahwa kernel monolitik adalah satu proses besar tunggal yang mengatur segala sesuatu. Satu ruang alamat tunggal besar yang mengurus semuanya dan semuanya. Namun sebuah microkernel bekerja dengan memecah berbagai hal menjadi berbagai komponen dan proses yang berbeda. Beberapa komponen ini akan berjalan di ruang kernel sementara yang lain di ruang pengguna. Masing-masing memiliki ruang alamat mereka sendiri. Masalah utama dalam membangun microkernel adalah pesan-pesan yang dikirimkan antara proses-proses yang berbeda ini di dalam kernel. Ketika komponen-komponen ini bertukar pesan satu sama lain, itu menjadi buggy dan cukup sulit untuk di-debug (saya ingat Richard Stallman mengutip sekali, bahwa ini adalah alasan mikrokernel GNU Hurd semakin tertunda selama 1991.)

8. Linux awalnya dikompilasi menggunakan kompiler GNU C

Richard Stallman memulai GNU, dan kompiler GNU C (kompiler c gratis) adalah hasil dari karyanya. Tanpa kompiler GNU C itu akan sangat sulit.
Jika Anda melihat milis Sejarah Linux, Anda akan mengetahui bahwa Linux pada awalnya dikompilasi menggunakan kompiler GNU C versi 1.40 pada sistem operasi Minix.

9. Yggdrasil Linux dan MCC Interim adalah dua dari Distribusi Linux awal

Sementara MCC adalah distribusi yang diluncurkan pada awal 1992. Rilis awal hanya baris perintah. Mereka dirilis dalam beberapa floppy disk, dan merupakan yang pertama yang dapat diinstal langsung pada hard disk.
Yggdrasil Linux adalah perusahaan distribusi pertama yang membuat Linux Live CD. Itu dirilis menjelang akhir 1992 dan berlangsung hingga 1995. Rilis awal memiliki versi kernel Linux dari 0,98. Versi selanjutnya memiliki GUI dan berbagai utilitas GNU juga (bahkan editor teks Emacs).

10. Aplikasi pembunuh yang membuat lebih banyak orang untuk mengadopsi Linux adalah Apache Web Server

Jika Anda melacak kurva adopsi Linux, Anda akan melihat bahwa banyak perusahaan awal menggunakan Linux untuk server web Apache. 1993 ketika proyek Apache dimulai, adalah saat Linux mendekati versi 1 dengan ribuan pengguna.
Ini adalah waktu yang sama ketika situs web menjadi alat bisnis. Jadi kekuatan utama yang mendorong orang untuk mengadopsi Linux pada masa-masa awal adalah server web Apache.
Karena pada masa itu jika Anda membandingkan hosting situs web yang menggunakan NT dan hosting yang menggunakan Apache Linux, membangun server farm dengan Apache di Linux lebih murah. Dan Apache terus memperoleh pangsa pasar server web.

11. Ada lebih dari 10 Sistem operasi Mobile berbasis Linux

Ya itu benar. Biasanya orang mengira Android adalah satu-satunya sistem operasi yang berbasis Linux. Namun ada lebih dari 10 sistem operasi seluler berbasis Linux.
OpenZaurus, Firefox OS, OS Sailfish, Ubuntu Touch, Ubuntu Mobile, Mobline dll adalah beberapa selain Android.

12. Google memiliki Distribusi Linux sendiri untuk Karyawan internal. Ini disebut Goobuntu

Goobuntu didasarkan pada versi Ubuntu normal, tetapi digunakan oleh karyawan internal Google. Saat ini tidak tersedia untuk umum.

13. Tux (Logo Linux Penguin) disarankan oleh Torvalds sendiri

Tux sebenarnya bukan logo untuk Linux, tetapi maskot. Itu diajukan selama kompetisi logo untuk Linux (tetapi gambar tidak pernah memenangkan kompetisi logo). Tux dirancang menggunakan versi pertama GIMP (alat pengeditan foto yang tersedia di GNU / Linux) oleh seorang programmer bernama Larry Ewing.

14. Rilis Kernel Linux awal bukan GPL (Lisensi Publik Umum), dan memiliki pembatasan penggunaan komersial

Tidak ada yang benar-benar menggunakan kernel. Orang-orang menjalankan program. Karena kernel itu sendiri tidak berguna tanpa program untuk menjalankannya, Torvalds harus menggunakan banyak perangkat lunak gratis yang dibuat oleh GNU dan menunda dirinya dengan rilis Linux pertamanya. Hal-hal seperti shell, compiler, editor teks, dll adalah beberapa alat untuk disebutkan.
Rilis kernel awal berisi shell bash GNU. %0
Namun setelah beberapa rilis awal, kemudian pada tahun 1992, Torvalds sendiri menyarankan untuk merilis kernel di bawah GNU General Public License. Versi kernel pertama dengan lisensi GPL adalah versi 0.99.

15. Andrew S Tanenbaum pernah berkata "Linux sudah usang"

Andrew S Tanenbaum, pencipta Minix, pernah berkata bahwa Linux adalah Usang. Anda dapat menemukan seluruh artikel dan diskusi mereka di sini: http://www.oreilly.com/openbook/opensources/book/appa.html
Poin utama yang diangkat oleh Tanenbaum adalah bahwa Linux didasarkan pada kernel monolitik, yang merupakan model desain lama. Tanenbaum bahkan percaya bahwa Hurd akan menggantikan Linux.

16. Steve Jobs pernah menawarkan (pada 2000) pekerjaan kepada Linus Torvalds di Apple

Sekitar tahun 2000, Linus ditawari pekerjaan di apel oleh Steve jobs. Pekerjaannya adalah bekerja untuk Unix (tebak untuk MacOS), tetapi Linus menolak tawaran itu.

17. Ada "Windows Refund Day" kembali pada tahun 1999

Itu benar, pada tanggal 15 Februari 1999, banyak pengguna Linux berkumpul dan meminta jumlah pengembalian dana dari Microsoft, untuk salinan windows yang tidak terpakai. Ini karena perjanjian Lisensi Windows memiliki klausa, di mana pengguna akhir dapat menolak perjanjian dan mengembalikan Windows kembali. Baca detailnya di sini: http://marc.merlins.org/linux/refundday/

18. Open Source dan Perangkat Lunak Bebas, keduanya berbeda

Kata "gratis" benar-benar ambigius. Orang-orang menganggapnya dan menganggapnya bebas biaya. Tetapi istilah "gratis" dalam perangkat lunak bebas tidak berarti biaya, tetapi berarti kebebasan. Kebebasan untuk menggunakan, memodifikasi, mendistribusikan kembali perangkat lunak. Jadi tidak ada hubungannya dengan harga tetapi terkait dengan kebebasan.
Jutaan orang di seluruh dunia menggunakan perangkat lunak gratis setiap hari. Motif utama di balik GNU dan campains dari Stallman adalah kebebasan pengguna perangkat lunak. Namun tidak semua anggota perangkat lunak bebas setuju dengan tujuan utama gerakan (yang menyebabkan sejumlah besar pengguna dan pengembang terpecah dan mencampuri nama lain yang disebut "Open Source").
Beberapa dari mereka menciptakan istilah "Open Source" sebagai strategi pemasaran, sehingga terasa menarik bagi perusahaan besar dan pelaku bisnis. Jadi pada dasarnya kedua nama yang berbeda ini menunjuk ke jenis perangkat lunak yang sama (mereka berdua mengikuti metode pengembangan yang sama), tetapi "perangkat lunak bebas" sepenuhnya merupakan filosofi yang berbeda mengenai "kebebasan" pengguna. "Open Source" jauh lebih peduli tentang penggunaan bisnis praktis perangkat lunak yang dikembangkan oleh komunitas, daripada bagian "kebebasan", yang dimulai dengan gerakan perangkat lunak bebas dan GNU. Jadi singkatnya semua perangkat lunak bebas memenuhi syarat sebagai perangkat lunak sumber terbuka, tetapi tidak semua perangkat lunak sumber terbuka memenuhi syarat sebagai perangkat lunak bebas, ini hanya karena beberapa lisensi perangkat lunak sumber terbuka bersifat terbatas. https://www.gnu.org/philosophy/
slashroot.in

Fakta Menakjubkan Tentang Linux


Author : ENDA

datePublished : 12/03/2019 06:24:00 AM

Organization : TIRINFO.COM

logo Tirinfo

Url : https://www.tirinfo.com/2019/12/fakta-menakjubkan-tentang-linux.html

Share: