Mengenal IT Support

Pengertian IT Support Information Technology (IT) Support atau yang kadang di kenal dengan Technical Support

Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawab IT Support
Technical Support (Dukungan Teknis) adalah Layanan yang memberikan bantuan kepada individu atau perusahaan dengan masalah yang terkait dengan teknologi komputer, jaringan, Software, Hardware, security dan teknologi digital lainnya.
Biasanya Perusahaan skala besar memiliki Staf IT Support tersendiri dan ada juga Perusahaan skala menegah dan kecil yang menggunakan jasa IT Support Outsourcing atau IT Support pihak ketiga, yaitu Perusahaan yang bergerak di bidang spesialis penyedia IT Support Outsourcing atau subcont.

Related Post:


Perusahaan Besar biasanya memiliki jumlah Staf IT Support yang banyak karena banyaknya user dan devisi di setiap bagian perusahaan tersebut, berbeda dengan Perusahaan menengah dan Perusahaan kecil yang mungkin hanya memiliki beberapa User dan tidak memiliki banyak devisi sehingga untuk menghemat keuangan Perusahaan alih-alih untuk memiliki Staf IT sendiri, Biasanya Perusahaan tersebut menggunakan Jasa IT Support Outsourcing dari Perusahaan Spesialis IT Support yang memiliki IT Support berpengalaman dan berkualitas.

Tugas dan Tanggung Jawab IT Support

  • Memastikan Os(System Operasi) dan Aplikasi yang dibutuhkan User sudah terinstall dan Ter-registrasi(berlisensi/Legal) 
  • Memastikan Komputer/Laptop, Printer, Scanner, Projector, CCTV dan Server berjalan dengan normal. 
  • Memastikan Printer, Scanner, Server dan Jaringan lan dan internet terhubung ke PC/Laptop User. 
  • Memastikan Os(Sistem Operasi) danAplikasi yang digunakan user bekerja dengan baik, ter-update dan tidak ada aplikasi ilegal yang di install oleh user tersebut. 
  • Memastikan Data-data user di setiap Komputer/Laptop dan server aman, tidak di baca oleh orang yang tidak berkepentingan dan pihak luar, hanya orang-orang tertentu saja. 
  • Membuat Jadwal Maintenance perawatan Hardware seperti PC/Laptop, Printer/Scanner, Router/Switch, Kabel jaringan dan lain nya setiap hari atau perbulan. 
  • Melakukan pemeriksaan Software Berlisensi, untuk memastikan limit penggunaan Software tersebut apakah masih bisa dipakai atau tidak, sehingga harus di perpanjang atau beli baru. Seperti Os, Anti Virus, Microsoft Office, Accurate, dan software lainnya. 
  • Melakukan Upgrade dan Downgrade sesuai kebutuhan user ketika mendapati penambahan atau pengurangan kebutuhan pada PC/Laptop User, baik itu Hardware maupun Software. 
  • Melakukan Backup data pada Client dan Server baik backup setiap hari maupun yang perbulan. 
  • Membuat laporan Hardware atau Software yang harus di ganti atau di beli karena habis Limit atau rusak dan memastikan Kebutuhan dan stok IT Terpenuhi untuk user, kepada bagian Akunting atau Purchasing agar di tindak lanjut. 
  • Melakukan pembelian untuk setiap seluruh kebutuhan IT baik hardware maupun software. 
  • Melakukan Installasi jaringan bila ada penambahan User atau Server, bila IT supportnya hanya 1 orang, biasanya menggunakan Pihak ketiga atau Perusahaan Spesialis IT Support. 
Dari setiap bagian di atas memiliki permasalahan yang komplek sekali sehingga perlu Ilmu dan pengalaman untuk melakukan tugas tersebut dengan baik.

Mengenal IT Support


Author : ENDA

datePublished : 12/04/2019 02:04:00 AM

Organization : TIRINFO.COM

logo Tirinfo

Url : https://www.tirinfo.com/2019/12/mengenal-it-support.html

Share: