Home Contact Us Disclaimer Privacy Police
Home  ›  CCTV  ›  Cisco  ›  Debian  ›  Industri  ›  IT Support  ›  Kabel  ›  Laptop  ›  Linux  ›  Mac  ›  Network  ›  Office  ›  Os  ›  PABX  ›  Pc  ›  Router  ›  Server  ›  Sistem operasi

Pengertian dan Tugas dari Seorang IT Support


Pengertian dan Tugas dari Seorang IT Support

Pengertian dan Tugas dari Seorang IT Support

IT Support merupakan teknisi yang berada di sebuah perusahaan yang memiliki tanggung jawab penuh untuk instalasi, evaluasi serta peningkatan terhadap tiga objek utama seperti komputer, software, serta pengembangan sistem jaringan (network system). Mereka yang bekerja di profesi ini harus memahami instalasi dan maintenance terhadap komputer, software serta network. Hal ini dikarenakan dalam sebuah perusahaan khususnya bagian kantor dalam setiap prosesnya pasti bergantung pada 3 hal itu. Oleh karena itu ketika ada kerusakan atau gangguan seorang IT support harus segera untuk mencari solusinya.

Mengingat lingkup profesi IT support cukup luas, karena dapat dibagi lagi berdasarkan keahlian yang dibutuhkan dan tentu saja mempengaruhi jobdesk nya nanti. Yang paling umum ditemukan adalah Help Desk Analyst, Komputer Sistem Analyst serta Network Support Specialist. Perlu diingat bahwa sebagian orang memiliki anggapan yang salah bahwa IT support dan Staff IT, atau bahkan IT jaringan memiliki posisi dan job desk yang sama. Hal ini hanyalah masalah perspektif dan bagaimana orang memandang suatu profesi dengan orang lain.

Seorang staff IT lebih cenderung ke arah pembuatan dan maintenance unsur – unsur dalam software (programming). Sedangkan IT jaringan tentu saja lebih fokus pada permasalahan jaringan internet, LAN atau sarana penghubung lainnya. Seorang IT support biasanya tidak dituntut untuk memahami secara keseluruhan pada satu bidang mengingat tanggung jawab nya yang besar seperti (pengelolaan hardware dan software).

Tugas dan Tanggung Jawab IT Support

Setelah mengetahui apa itu IT support maka selanjutnya Anda perlu mengetahui tugas dan tanggung jawab dari IT support itu sendiri. Informasi ini akan sangat penting terutama bagi anda yang tertarik ingin mencoba profesi yang satu ini.

1. Seorang IT support harus bisa untuk memastikan penggunaan komputer dapat berjalan sebagaimana mestinya serta koneksi antar client dalam suatu jaringan dapat berjalan dengan baik. Jika menemukan kendala yang mengganggu, maka harus segera mencari solusinya.

2. Mereka juga harus memastikan penggunaan aplikasi – aplikasi pada user dapat berjalan dengan normal. Perlunya memastikan juga aplikasi yang dijalankan selalu yang paling update sehingga semua fungsi sudah tersedia. Disarankan juga meminimalisir penggunaan aplikasi bajakan demi menunjang kinerja yang lebih baik pada perusahaan yang anda tempati.

3. Kembali ke penanganan jaringan, meskipun masing – masing user saling terhubung namun tetap data yang ada harus memiliki privasi yang jelas. Orang lain seharusnya tidak bisa merubah, mengambil atau menghapus data dalam suatu komputer tanpa seizin yang bersangkutan. Hal ini juga harus bisa ditangani oleh seorang IT support.

4. Dalam hal memberi keamanan serta melindungi data – data penting perusahaan anda juga harus selalu menyiapkan proteksi atau sistem backup untuk berjaga – jaga apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Data yang di backup juga harus dapat direstore setiap saat ketika memang terjadi suatu masalah.

5. Selain terhadap perangkat utama pada komputer anda juga harus memastikan kinerja dari perangkat pendukung yang lain seperti printer, scanner dan masih banyak lagi. Hal ini juga sama pentingnya dalam berjalannya suatu pekerjaan dalam perusahaan, terutama di lingkungan kantor.

6. Kehadiran virus, malware dan gangguan sejenisnya juga menjadi hal yang harus diwaspadai. Proses pertukaran data yang kurang aman serta terbukanya koneksi internet menjadi penyebab terbesar kemunculan gangguan – gangguan tersebut. Seorang IT support harus dapat mencegah hal itu terjadi, bisa dengan menggunakan antivirus resmi, atau prosedur keamanan lainnya.

7. Sebagai seorang IT support diperlukan juga pengetahuan yang luas mengenai aplikasi – aplikasi langganan pada suatu perusahaan seperti Ms Office lengkap, Auto Cad, Aplikasi Stok dan Penjualan dan masih banyak lagi sesuai lingkup dan bidang usahanya.

8. Selain terhadap software diperlukan pemaham juga mengenai perangkat keras baik untuk menunjang kinerja komputer maupun untuk jaringan. Contohnya seperti switch, router, power supply dan hub dan lain-laini. Akan tetapi dalam hal ini juga perlu batasan karena ketika memasuki tahap perbaikan maka sudah bukan tanggung jawab IT support lagi. Tugasnya hanyalah menganalisa dan mengambil keputusan dari masalah yang terjadi.

Pengertian dan Tugas dari Seorang IT Support

Pengertian dan Tugas dari Seorang IT Support


Author : TIRINFO

datePublished : 5/25/2020 08:59:00 AM

Organization : Tirinfo.com

logo TIRINFO

Url : https://www.tirinfo.com/2020/05/pengertian-dan-tugas-dari-seorang-it-support.html

Share: