Home Tools Contact Us Disclaimer Privacy

بسم الله الرحمن الرحيم

Beranda  ›  CCTV  ›  Cisco  ›  Industri  ›  IT Support  ›  PABX  ›  Pc  ›  Sistem operasi  ›  Ubuntu  ›  Wifi  ›  Windows

Tugas IT Support Professional

Beberapa Tugas IT Support

Beberapa Tugas IT Support

Tugas :


Yang terpenting untuk IT adalah tugas yang harus di lakukan atau To Do List maka saya membagi tugas menjadi dua yaitu :

1. Primer

Tugas ini seperti membuat jadwal maintenance atau perawatan hardware untuk tiap hari. Jika kita memiliki beberapa divisi di tempat kerja kita aturlah jadwal dengan menggunakan form yang kita buat sendiri atau bisa dengan secara online seperti teuxduex agar kita tidak lupa.

Division

Untuk tiap divisi atau bagian di kantor bisa mengatur Anti Virus agar bisa Update karena ini sangat penting terlebih yang menggunakan AntiVirus berbayar.
Setelah itu Software Update juga harus di perhatikan karena tiap komputer memliki tanggal update sendiri.
Jangan lupa Tinta Printer juga di awasi karena kita harus punya stok untuk tinta terlebih yang masih menggunakan printer tinta inject atau infus.
Jangan lupa untuk selalu cek kabel jaringan mulai dari RJ45, Kabel UTP masih bagus atau tidak, dan LAN Card juga di cek.

Administrasi

Tiap IT staf pasti harus bisa administrasi, karena ini juga tugas seorang IT support yang harus memiliki administrasi yang baik dan mudah di baca tentunya, jika atasan kita mulai bertanya tentang kegiatan kita atau jumlah PC (personal computer) yang rusak atau adakah laptop yang masih bisa di gunakan?, maka kita sudah siap dengan data yang ada.

2. Sekunder

Adalah tugas saat kita dibutuhkan, ini adalah tugas ndadak, biasanya untuk aplikasi program di windows tidak bisa di buka atau error komputer atau juga printer yang macet, jadi tiap telp di ruangan kita berdering selalu siap dengan semua perlengkapan.

Hardware Trouble

Semua IT support paling sering berurusan dengan yang namanya hardware dan pasti tidak asing lagi, agar lebih mudah dalam mengatasi troubleshooting terutama komputer bisa belajar tips dan trik troubleshooting sederhana untuk komputer.

SPMB

Atau Surat Permintaan Barang ini juga tugas seorang IT support selain hardware dan software kita juga harus siap dengan dokumen ini "permintaan barang".

Laporan

Untuk sebagian Staff IT membuat laporan untuk kegiatan harian adalah sangat tidak mungkin, karena hanya ada satu IT Support jadi saya membuat laporan bulanan, selama satu bulan saya membuat dokumen mengenai kerusakan, maintenance, dan juga stok dari perlengkapan IT untuk kantor atau perusahaan.

Untuk laporan harian ke manager saya biasanya membuat manual desk untuk di tanda tangani, jadi dalam sehari manager tahu kegiatan dan komplain yang berjalan, sedangkan laporan rincian lengkap saya berikan dalam satu bulan silahkan cek postingan saya tentang Administrasi.

3. Pheriperal

Untuk beberapa perusahaan terdapat perlengkapan yang juga masuk kategori sebagai tuga IT Support diantaranya :

CCTV

Sebenarnya CCTV atau kamera juga tugas IT Support untuk me-maintenance, karena berhubungan juga dengan IP Address.

Projector

Kebanyakan kantor memilii ruang Meeting yang pasti ada perlengkapan elektronik seperti projektor dan juga webcam, di kantor saya terdapat webcam dan juga projektor untuk meeting dengan kantor cabang lain jadi bis meeting secara teleconference tanpa repot datang ke kantor pusat, tugas IT Support adalah memastikan keadaan dari projektor dan webcam tersebut berfungsi dengan baik.

Mungkin itu saja yang bisa saya berikan untuk job desk IT Support, sebenarnya masih banyak Job Desk IT yang lain.

Tugas IT Support Professional


Author : Hendra Wijaya

datePublished : 5/26/2020 05:18:00 AM

Organization : TIRINFO.COM

logo TIRINFO

Url : https://www.tirinfo.com/2020/05/tugas-it-support-professional.html

Share: